Upacara Upanayana mengawali tahun ajaran 2019/2020 di Pasraman Ganesha

Siswa Pasraman Ganesha mengikuti upacara Upanayana,  Minggu (14/7) kemarin. Upacara yang digelar ini bertujuan untuk menyucikan siswa baru secara niskala sebelum mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan itu. Ketua Panitia Pelaksana, Paryanto, S.Ag menjelaskan, Upanayana ini merupakan rangkaian proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019/2020. Upacara ini diawali dengan pebeakala dan natab pewintenan. Semua rangkaian tersebut dilangsungkan di areal Utama Mandala Pura Angkasa Amertha Dharma Jati. 
“Pebeakalaan ini fungsinya untuk melebur segala kekotoran dalam diri manusia. Jadi ketika sudah bersih, barulah dilakukan upacara pawintenan,” ujarnya.
Upacara yang dijalani siswa baru ini tak ubahnya seperti Arjuna sedang mencari Panah Pasupati. Dimana banyak hambatan yang diterima Arjuna saat mencari Panah Pasupati. Pihaknya meminta agar siswa senantiasa kukuh dalam melaksanakan masa brahmacari. Keteguhan Arjuna dalam mencari pasupati diharapkan mampu menginspirasi siswa saat menuntut ilmu, meskipun banyak tantangan dan hambatan.
“Harapannya siswa setelah melaksanakan upanayana mampu mengendalikan pikiran, perkataan dan perbuatan ” bebernya.
Sementara itu jumlah siswa baru yang mengikuti upacara Upanayana 6 orang siswa. Upacara upanayana ini di-puput oleh Jro Mangku Made Warda. “Intinya ini penyucian lahir bathin. Tujuannya agar Dewi Saraswati memberikan ijin dan restu kepada siswa untuk menuntut ilmu, sehingga siswa mendapat wara nugraha,”katanya.


1 comment: