Dr. Tri Handoko Seto Resmi Menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu

 

 
Menteri Agama Fachrul Razi resmi melantik Dr. Tri Handoko Seto sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu menggantikan Prof. I Ketut Widnya, Senin (10/8/2020). Ia merupakan pria kelahiran BanyuwangiBanyuwangi, Jawa Timur, 21 Januari 1972.

Dr. Tri Handoko Seto sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (TPSW-BPPT) merangkap Kepala Balai Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT).

Sebelumnya, Dr. Tri Handoko Seto juga memegang jabatan penting di organisasi masyarakat Hindu. Ia tercatat sebagai Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia (ICHI).

Dr. Tri Handoko Seto menyelesaikan pendidikan lanjutan strata 3 di Jepang hingga menyabet gelar doctor (S3) dari Universitas Kyoto, Jepang, di bidang Meterologi dan Geofisika.

Sebagai langkah awal, Dr. Tri Handoko Seto akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak baik dengan pejabat di lingkup Kementerian Agama maupun dengan ormas Hindu antara lain Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Prajaniti Indonesia, Wanita Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan berbagai ormas Hindu lainnya. Selain itu menyatakan keinginannya meningkatkan profesionalisme pegawai dengan cara tidak biasa dan cepat. Antara lain pegawai yang kurang kompeten akan diberi Diklat.

Ia juga akan melakukan perubahan dalam pola kerja dengan membenahi pemberian reward dan punishment. Kemudian membangun dan melayani umat dari pinggiran, karena umat Hindu tidak hanya berada di Bali saja. Melainkan ada di daerah-daerah lain, seperti di Toraja dan Bugis di Sulawesi Selatan, Maluku, Sumatera, dan Jawa.

 

No comments:

Post a Comment